Obat Pengapuran Sendi Tradisional

Obat Pengapuran Sendi Tradisional  – Pengapuran pada sendi atau osteoarthritis merupakan radang pada persendian, terutama sendi-sendi yang sering digunakan, seperti jari tangan dan sendi yang mendukung berat badan, seperti lutut dan pinggul. Radang sendi lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun dan berat badan berlebihan (kegemukan).

Obat Pengapuran Sendi Tradisional

Obat Pengapuran Sendi Tradisional

Gejala dan Tanda-Tanda Pengapuran Sendi

  1.  Sendi yang meradang terasa nyeri, kaku dan bengkak
  2. Demam, nyeri sendi semakin hebat jika digerakkan
  3. Warna kemerahan pada sendi yang sakit

Sudah diketahui bahwa pengapuran sendi yang terjadi didalam sendi lutut biasanya lebih banyak menyerang orang lansia. Sesuai atau seiring dengan usia yang semakin bertambah, maka resiko untuk terjadinya kerusakan pada tulang rawan sendi bisa semakin tinggi terjadi. Dan selain itu juga faktor dari usia, dan faktor yang lain yang bisa membuat proses kerusakan terjadi lebih cepat. Misalnya adalah akibat infeksi, trauma, dan melakukan aktivitas yang tinggi serta berat badan berlebih atau obesotas. Jika memang mengalami kerusakan, maka biasanya tulang rawan akan mengalami penipisan dan kemudian permukaan akan berubah menjadi tidak rata, hal ini akan membuat terjadinya gesekan pada tulang dengan tulang sehingga akan menimbulkan rasa nyeri.

Kerusakan yang terjadi pada tulang rawan akan membuat terjadinya gerakan sendi menjadi tidak mulus dan tidak halus lagi. Selain itu ujung pada bagian tulang akan bertemu dan akan mengalmai gesekan antara satu dengan yang lain. Kerusakan pada tulang rawan akan merangsang terjadinya pertumbuhan pada tulang yang baru di dalam sendi yang lebih dikenal dengan istilah osteofit. Kemudian gejala yang dirasakan nyeri sendi yang akan semakin bertambah dan juga membuat aktivitas menjadi semakin terganggu. Dalam mendiagnosis penyakit ini maka biasanya akan dilakukan pemeriksaan penunjang misalnya adalah dengan melakukan foto rontgent. Pemeriksaan ini merupakan salah satu jenis bentuk pemeriksaan yang penting dalam mengetahui kondiis dan keadaan serta membantu menentukan derajat atau stadium dari terjadinya kerusakan pada sendi.

Pengobatan Nyeri Sendi

Pengobatan nyeri sendi yang dilakukan biasanya dilihat dan tergantung dari derajat nyeri atau terjadinya kerusakan sendi yag dialami. Untuk penyakit nyeri sendi dengan kasus yang ringan biasanya pengobatan hanya dengan menghilangkan rasa nyeri yang ringan seperti pemberian parasetamol. Dan jika nyeri yang dirasa hebat serta menimbulkan suatu komplikasi lain misalnya seperti penimbunan cairan peradangan pada bagian rongga sendi maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi.

Jika Anda mengalami nyeri sendi maka sebaiknya Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini :

  1. Jahe
    Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bisa membantu meredakan rasa sakit akibat radang sendi. Kandungan fitonutrien yang ada di dalam sendi memberikan efek kuat untuk kesehatan kita. Jahe sendiri mempunyai kandungan efek anti inflamasi yang sangat baik dalam membantu meringankan dari rasa sakit akibat munculnya radang sendi.
  2. Nanas
    Buah nanas mengandung kandungan bromelain yang tinggi, yang merupakan salah satu jenis enzim yang ada di dalam protein. Buah nanas ini bisa membantu untuk menurunkan terjadinya peradangan dan juga membantu mengurangi rasa nyeri sendi akibat OA. Cara yang paling baika dalah dengan cara mengonsumsi buah nanas pada antara waktu makan. Hal ini disebabkan karena kandungan enzim yang digunakan untuk bisa mencerna makanan Anda dengan baik.
  3. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya sangat baik dan mengandung kandungan senyawa yang dikenal dengan istilah oleocanthal. Selain  itu juga senyawa ini bisa membantu mencegah terjadinya peradangan yang berhubungan erat dengan penyakit arthritis.
  4. Cabai
    kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai akan membantu menghasilkan panas di dalam tubuh. Dengan begitu, maka rasa panas yang muncul tadi akan membantu menghambat rasa nyeri dan bisa membantu mendorong sel-sel untuk saraf tertentu.
  5. Bawang putih
    Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah tradisional dengan segudang manfaat. Salah satu manfaat yang terkenal adalah membantu meringankan sakit yang terjadi akibat radang sendi. Bawang putih sendiri mengandung kandungan belerang di dalamnya yang sudah dikenal selama bertahun-tahun dalam membantu meredakan terjadinya nyeri dan juga gejala nyeri sendi.
  6. Mangga
    Buah mangga mempunyai manfaat salah satunya adalah membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri sendi. Mangga mengandung antioksidan yang snagat tinggi dan kandungan vitamin di dalamnya yang bisa membantu proses peradangan bisa menurun.

Obat Pengapuran Sendi Tradisional

1. Obat Pengapuran Sendi Tradisional  Pertama

Bahan-Bahan :

– 12 gram akar belimbing manis segar
– 600 cc arak

Cara Pemakaian :

– Akar belimbing di cuci bersih
– Lalu dipotong seperlunya
– Kemudian masukkan ke dalam 600cc arak
– Tutup rapat lalu di simpan selama 7 hari
– Minum ramuan ini sehari 1 sloki

2. Obat Pengapuran Sendi Tradisional  Kedua

Bahan-Bahan :

– 30 gram temulawak
– 15 gram sambiloto
– 30 gram daun dewa
– 2 batang serai
– Gula aren secukupnya

Cara Pemakaian :

– Cuci bersih semua bahan
– Lalu rebus dengan 800cc air hingga tersisa 400cc
– Saring dan dinginkan
– Minum 2 kali sehari

Obat Pengapuran Sendi Tradisional

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Pengapuran dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Pengapuran and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>